Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner UMKM

Elvira, Nurita (2022) Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner UMKM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi sidang nurita.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era digital, gaya hidup dipengaruhi oleh sesuatu yang trend dan viral. Penggunaan media sosial dalam mendapatkan informasi menjadi tahap terpenting untuk pengambilan keputusan pembelian. Salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk media promosi penjualan ialah social media marketing. Strategi pemasaran bisnis yang dilakukan oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan instagram untuk berbisnis dengan cara mengunggah konten produk yang mereka pasarkan bersifat persuasif yang dapat menarik pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap keputusan pembelian kuliner UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui google form. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiwa Ilmu Komunikasi stambuk 17 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebanyak 77 orang. Untuk proses analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan social media marketing yang terdiri dari content creation, content sharing, connecting, community building sebagai variabel X (independen) dan keputusan pembelian sebagai variabel Y (dependen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content sharing, connecting berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun content creation, community building berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga hipotesis terbukti kebenarannya. Hasil secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel content sharing yang berkontribusi paling dominan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa content creation, content sharing, connecting, community building secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Instargram, Keputusan Pembelian, UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:36
Last Modified: 03 Aug 2022 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14572

Actions (login required)

View Item View Item