Windasari, Retno (2021) Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas X MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Skripsi Retno (Autosaved).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa, pemecahan masalah matematika siswa dan penggunaan metakognisi siswa dalam pemmecahan masalah pada materi sistem persamaan linier tiga variable di kelas X MAN 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatakan deskriptif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X MAN 1 Medan yang berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan pemecahan masalah tinggi menggunakan metakognisi secara sadar yaitu planning (rencana), monitoring (memantau) dan evaluation (evaluasi) pada pemecahan masalah matematika; siswa yang berkemampuan pemecahan masalah sedang menggunakan metakognisi secara sadar, hanya menggunakan planning (rencana) dan monitoring (memantau) dan tidak mengevaluasi pada saat pemecahan masalah matematika; selanjutnya siswa yang berkemampuan pemecahan masalah rendah secara sadar menggunakan metakognisinya hanya menggunakan planning (rencana), belum mampu memonitoring dan mengevaluasi pada saat pemecahan masalah matematika.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metakognisi, Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:24 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 04:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14571 |
Actions (login required)
View Item |