Analisis SWOT Akad Musyarakah Mutanaqisah Terhadap Produk Pembiayan Konsumtif Pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam

Br Cibro, Nur Asyfah (2022) Analisis SWOT Akad Musyarakah Mutanaqisah Terhadap Produk Pembiayan Konsumtif Pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NUR ASYFAH CIBRO 0503171002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi akad musyarakah mutanaqisah terhadap produk pembiayaan konsumtif pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Oppurtunities dan Threats yang terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Analisis ini didasari pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan dan ancamannya. Penelitian ini menggunakan data primer didapati dari hasil wawancara yang dilakukan langsung dengan objek penelitian serta dokumentasi dan arsip perusahaan. Dan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur kepustakaan yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas, baik itu berupa buku-buku sumber, jurnal, surat kabar, atau dari sumber-sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini yang dilakukan di lapangan atau pada responden, yang dimana penelitian ini termasuk penelitian kualitatif.Dalam penelitian kualitatif harus memiliki bekal teori dan wawancara yang luas bisa jadi bertanya, menganalisis dan mengkonstruksi objek yang diteliti menjadi lebih luas. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh PT Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam dalam mempromosikan akad musyarakah munataqisah yaitu dengan cara direct selling, cross selling,personal selling, open tabel, periklanan, dan sales promotion. PT Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam memiliki faktor peluang lebih besar daripada faktor kekuatan yang ada, dimana kondisi bersaing PT Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam berada pada kondisi stable growth strategy.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akad, Analisis SWOT, Musyarakah Mutanaqisah, dan Pembiayaan Konsumtif
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:22
Last Modified: 03 Aug 2022 04:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14569

Actions (login required)

View Item View Item