Analisis Implementasi Kebijakan Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Hipertensi di Puskesmas Tanjung Beringin Serdang Bedagai

Azmi, Nurul (2021) Analisis Implementasi Kebijakan Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Hipertensi di Puskesmas Tanjung Beringin Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
CETAK SKRIPSI NURUL AZMI (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang menjadi prioritas dalam pencegahan penyakit di Indonesia. Hipertensi dapat diartikan sebagai tekanan sistolik yang lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90mmHg.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan pedoman pelayanan hipertensi. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Puskesmas Tanjung Beringin, Petugas Hipertensi, dan Penderita Hipertensi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2021 hinga Agustus 2021. Dari data hasil triangulasi dengan para informan melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa implementasi kebijakan monitoring dan evaluasi pelayanan hipertensi di Puskesmas Tanjung Beringin sudah dilaksaksakan dengan baik dan sesuai dengan Peraturan Direksi Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 0118 Tahun 2014 tentang Panduan Klinis Pengelolaan Penyakit Hipertensi, akan tetapi pelaksanaan pelayanan hipertensi tersebut belum terlaksana secara optimal dan tentunya masih memerlukan monitoring dan evaluasi secara maksimal oleh pihak terkait dalam pelaksaaan pelayanan hipertensi, agar para petugas hipertensi mampu melakukan upaya promotif dalam pelayanan hipertensi secara baik dan maksimal guna meningkatkan kesejahteraan kesehatan para penderita hipertensi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Monitoring dan Hipertensi
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:06
Last Modified: 03 Aug 2022 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14566

Actions (login required)

View Item View Item