Peran Komunitas Cacing Seluruh Indonesia (KOMCASI) Dalam Pemberdayaan Budidaya Cacing Bagi Masyarakat Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Yasri, Robby (2021) Peran Komunitas Cacing Seluruh Indonesia (KOMCASI) Dalam Pemberdayaan Budidaya Cacing Bagi Masyarakat Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Robby Yasri (SKRIPSI 2021).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan melalui budidaya cacing terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Komunitas Cacing Seluruh Indonesia Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, kegiatan pelaksanaan pemberdayaan budidaya cacing bagi masyarakat dilakukan KOMCASI dengan tahapan pendampingan ke masyarakat, memonitoring pelaksanaan budidaya cacing tanah lumbricus rubellus, dan proses langsung pelaksanaan budidaya cacing. Kedua, dampak positif dan negatif dalam pemberdayaan budidaya cacing yaitu, Untuk memberikan keterampilan serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Rejo dan Menjalin kerjasama antara pengurus Komunitas Cacing Seluruh Indonesia (KOMCASI) dengan masyarakat. Selain itu dampak negatife dari pemberdayaan budidaya cacing yaitu, hama dan penyakit yang sering terjadi budidaya cacing tanah lumbricus rubellus.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:49
Last Modified: 03 Aug 2022 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item