Implementasi Layanan Konseling Individual Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (ABH) Di Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) UPT Taman Harapan Kota Langsa

Fitri, Maulida (2021) Implementasi Layanan Konseling Individual Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (ABH) Di Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) UPT Taman Harapan Kota Langsa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_MAULIDA FITRI_0102171029_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pekembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, sehingga memunculkan berbagai permasalahan sosial yang pelik dan yang paling rentan terkena adalah anak-anak, anak melakukan kenakalan remaja yang berujung pada pelanggaran hukum, namun begitu walaupun anak melakukan pelanggaran hukum tidak semestinya diberikan hukuman layaknya orang dewasa, harus ada penanganan khusus yaitu dengan proses pembinaan dan rehabilitasi, salah satunya dengan layanan konseling individual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara konselor menerapkan konseling individual kepada ABH di LPKS UPT Taman Harapan Kota Langsa. Penelitian Ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan wawancara mendalam, observasi secara langsung, serta didukung dengan data kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh menjawab rumusan masalah: pertama pelaksanaan layanan konseling individual dilakukan dengan menggunakan metode assessment, metode pembinaan, metode evaluasi, metode multisistemik (perbaikan lingkungan). Kedua faktor penghambat dalam pelaksanaan konseling individual yaitu represif hukum lemah, penolakan orang tua, sarana dan prasarana yang tidak lengkap. Hasil penulisan ini menyatakan bahwa penerapan layanan konseling individual pada ABH di LPKS UPT Taman Harapan Kota Langsa sudah terlaksana dengan baik dan tersistematis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Layanan Konseling Individual, Anak yang Berhadapan dengan Hukum, Lembaga Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:35
Last Modified: 03 Aug 2022 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item View Item