Aritonang, Mara Hamdan (2012) Manajemen metode pembelajaran fikih di Mtss Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
Tesis HAMDAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana: (1) perencanaan; (2) pengorganisasian; (3) pelaksanaan; (4) pengawasan; (5) dan pengevaluasian pemberdayaan metode pembelajaran fikih di MTsS Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis penelitian kualitatif. Informan terdiri dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, guru fikih, tata usaha, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi; (2) wawancara mendalam; (3) studi dokumentasi. Hasil temuan dalam penelitian secara garis besar meliputi: (1) Perencanaan metode pembelajaran fikih berdasarkan kurikulum yang dipakai di MTsS Darul Istiqomah. Selanjutnya dikembangkan dalam silabus. Guru lalu membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus. Dalam RPP guru fikih merencanakan metode pembelajaran fikih. Akan tetapi RPP yang dimiliki guru fikih belum lengkap sebagaimana yang terdapat dalam silabus; (2) Pengorganisasisan metode pembelajaran fikih di MTsS Darul Istiqomah dilakukan guru fikih dengan mengkombinasikan metode-metode pembelajaran fikih. Namun, pengorganisasian pembelajaran fikih masih sekitar pengkombinasian metode pembelajaran konvensiona; (3) Pelaksanaan metode pembelajaran fikih di MTsS Darul Istiqomah lebih sering menggunakan metode ceramah, karena siswa sudah terbiasa dengan metode ini, di samping menggunakan metode diskusi, hafalan, tanya jawab, drill, dan metode demonstrasi; (4) Pengawasan metode pembelajaran fikih di MTsS Darul Istiqomah dilakukan oleh Kepala Madrasah yang terkadang terjun langsung ke kelas mengawasi metode mengajar guru, akan tetapi cara ini masih jarang dilakukan, di samping pengawasan yang dilakukan oleh pengawas dari Kantor Kementerian Agama; (5) Pengevaluasian metode pembelajaran fikih di MTsS Darul Istiqomah dilakukan melalui kontrol catatan kelas yang diisi oleh setiap guru yang masuk ke kelas yang bersangkutan. Selain itu dilakukan dengan melihat hasil ujian siswa baik pada ujian mid-semester atau semester. Pengevaluasian metode pembelajaran fikih dengan meminta penilaian siswa atau dengan mengadakan penilaian terhadap diri sendiri belum pernah dilakukan guru fikih.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 09:12 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 09:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1456 |
Actions (login required)
View Item |