Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Investor Muslim Dalam Berinvestasi Saham Di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Investor Saham Syariah Galeri Investasi Syariah UIN Sumatera Utara)

Isni, Shafarinah (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Investor Muslim Dalam Berinvestasi Saham Di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Investor Saham Syariah Galeri Investasi Syariah UIN Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SHAFARINAH ISNI FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Risiko Investasi, dan Prinsip Syariah Terhadap Perilaku Investor Muslim Dalam Berinvestasi Saham. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu kualitas informasi akuntansi, risiko investasi dan prinsip syariah dengan satu variabel dependent yaitu perilaku investor muslim dalam berinvestasi saham. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 82 investor saham syariah sebagai sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pengukuran skala likert. Data di proses melalui program SPSS 23.0 dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1)Variabel kualitas informasi akuntasi tidak berpengaruh terhadap perilaku investor muslim dalam berinvestasi dengan nilai t hitung 0,776 < t tabel 1,665 dan signifikansi sebesar 0,440 > 0.05. 2)Variabel risiko investasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku investor muslim dalam berinvestasi dengan niali t hitung 2,082 > t tabel 1,665 dan signifikansi sebesar 0,041 < 0,05. 3)Variabel prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap perilaku investor muslim dalam berinvestasi dengan nilai t hitung 8,559 > t tabel 1,665 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 4) Secara simultan variabel kualitas informasi akuntansi, risiko investasi, dan prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap perilaku investor muslim dalam berinvestasi saham dengan nilai F hitung 92,700 > dar F tabel 2,72 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Artinya ada pengaruh signifikan variabel X1,X2 dan X3 dan variabel Y secara bersama-sama

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Investor Muslim, Kualitas Informasi Akuntansi, Risiko Investasi dan Prinsip Syariah
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:32
Last Modified: 02 Aug 2022 08:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14540

Actions (login required)

View Item View Item