Analisis Efisiensi Biaya Produksi Sosis dengan menggunakan Informasi Akuntansi Diferensial dalam Pengambilan Keputusan (Studi Kasus pada PT. Ciomas Adisatwa Medan)

Bangun, Endayani Br (2023) Analisis Efisiensi Biaya Produksi Sosis dengan menggunakan Informasi Akuntansi Diferensial dalam Pengambilan Keputusan (Studi Kasus pada PT. Ciomas Adisatwa Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover-lampiran.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Bab_1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Bab_2.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Bab_3.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab_4.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab_5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (369kB)

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan manufkatur dalam meningkatkan pendapatan salah satunya ditentukan melalui proses pengambilan keputusan yang tepat oleh manajemen dalam memperoleh bahan baku produksi yang efisien. Metode yang dapat digunakan perusahaan dalam membantu pengambilan keputusan membeli atau memproduksi sendiri yaitu melalui analisis akuntansi diferensial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui biaya diferensial dan alternatif terbaik pada keputusan membeli atau memproduksi sosis sendiri di PT Ciomas Adisatwa Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui triangulasi teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil analisis akuntansi diferensial menunjukkan jika alternatif keputusan membeli sosis dari unit lain lebih efisien daripada keputusan produksi sosis sendiri oleh perusahaan dengan penghematan biaya produksi sebesar Rp. 27.000.000/bulan atau Rp. 324.000.000/tahun. Dengan demikian, keputusan terbaik bagi perusahaan PT Ciomas Adisatwa Medan terkait efisiensi biaya produksi sosis adalah keputusan membeli dari unit lain sebab biaya produksi yang dikeluarkan lebih minim dan menghasilkan cost reduction dibandingkan apabila memproduksi sosis sendiri

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Biaya Produksi, Sosis, Informasi Akuntansi Diferensial, Pengambilan Keputusan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:00
Last Modified: 06 Sep 2023 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14533

Actions (login required)

View Item View Item