Hubungan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Se-Sub Rayon 50 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Yunus, Muhammad (2021) Hubungan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Se-Sub Rayon 50 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS YUNUS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan efektivitas kepemimpinan kepala Madrasah terhadap kinerja guru, 2) Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi kerja terhadap kinerja guru, 3) Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Lokasi penelitian di MTs Se-Sub Rayon 50 Kecamatan Percut Sei Tuan.Populasi dalam penelitian ini adalah guru di MTs Se-Sub Rayon 50 Kecamatan PercutSei Tuan, jumlah guru 271 orang yang aktif bertugas pada tahun 2020/2021. Perhitugan sampel penelitian dilakukan dengan berdasarkan tabel Kriechie Morgan yaitu sejumlah 153 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara variabel efektivitas kepemimpinan (X1) terhadap kinerja guru (Y). Dengan perolehan nilai dari hasil uji kecenderungan 76.4% pada kategori cukup-tinggi, hasil perhitungan korelasi sederhana didapat 0,485>0,158 pada taraf hubungan sedang antara variabel efektivitas kepemimpinan (X1) dengan kinerja guru (Y). 2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara variabel motivasi kerja guru (X2) terhadap kinerja guru (Y). Dengan perolehan nilai dari hasil uji kecenderungan 82.4% pada kategori cukup-tinggi, hasil perhitungan korelasi sederhana didapat 0,790>0,158 pada taraf hubungan tinggi antara variabel motivasi kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y). 3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara variabel efektivitas kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara bersama-sama Terhadap kinerja Guru (Y) diperoleh nilai R Square (koefesien determinasi) sebesar 0.716 = 71.6%. Hasil uji persamaan regresi berganda diperoleh pula nilai dari masing-masing variabel, besaran dari Koefesien iregresi (β) efektivitas kepemimpinan (X1) = 0.304, motivasi kerja guru (X2) = 0.280, sehingga diperoleh hipotesis adalah terdapat kontribusi yang posistif dan signifikan antara variabel efektivitas kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja guru (X2) Terhadap kinerja Guru (Y). Sehingga dapat diartikan bila semakin baik kepemimpinan yang di contohkan oleh kepala madrasah serta motivasi yang di berikan kepada guru-guru di MTs Sub-Rayon 50 Percut Sei Tuan maka akan semakin baik pula kinerja guru (Y).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: EfektivitasKepemimpinan, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:44
Last Modified: 02 Aug 2022 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

View Item View Item