Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Sei Mangkei, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun,Sumatera Utara)

Dalimunthe, Indah Mayang Sari (2021) Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Sei Mangkei, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun,Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI INDAH MAYANG SARI DALIMUNTHE (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) adalah hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncannakan terhadap lingkungan hidup, yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan. Namun Amdal di KEK Sei Mangkei belum sepenuhnya optimal karena masih terdapat pencemaran lingkungan yaitu pembuangan limbah yang tidak tepat sehingga mengakibatkan ternak milik warga mati keracunan karena memakan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang dibuang sembarangan di areal PTPN III. Dan juga pencemaran udara berupa pemanasan global serta pencemaran air sungai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan analisis mengenai dampak lingkungan oleh KEK Sei Mangkei, persepsi masyarakat terhadap pengembangan KEK Sei Mangkei, dan tinjauan ekonomi Islam terhadap dampak lingkungan oleh KEK Sei Mangkei. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan Amdal KEK Sei Mangkei belum sempurna diterapkan karena masih mencemari lingkungan dan dalam tinjauan ekonomi Islam KEK Sei Mangkei belum mampu menerapkan prinsip tauhid dalam kepemilikan/pemanfaatan sumber daya alam dan prinsip keadilan dalam menyejahterakan masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AMDAL, Kawasan Ekonomi Khusus, Ekonomi Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Aug 2022 05:10
Last Modified: 02 Aug 2022 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item