Sikap Perilaku Mahasiswa yang Berorganisasi Ekstra Kampus menurut Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Pada Jurusan Siyasah dan Jinayah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan)

S, Inka Edriyani (2021) Sikap Perilaku Mahasiswa yang Berorganisasi Ekstra Kampus menurut Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Pada Jurusan Siyasah dan Jinayah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Inka Edriyani S (0203184001)_2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Organisasi adalah perkumpulan beberapa orang sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali. Pada saat ini sikap perilaku mahasiswa yang berorganisasi ekstra kampus tepatnya di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan sangat beragam, ada beberapa mahasiswa yang sikapnya baik dan sikapnya kurang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap perilaku mahasiswa yang berorganisasi ekstra kampus di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan, untuk mengetahui pengaruh organisasi ekstra kampus pada mahasiswa di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan, dan untuk mengetahui Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap maahasiswa yang berorganisasi ekstra kampus Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dan bersifat deskriftif kualitatif dimana hasil penelitian tersebut akan menghasilkan data-data yang diamati secara langsung. Metode teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, google forms, dan dokumentasi sebagai pendukung. Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa adanya sikap perilaku mahasiswa yang berorganisasi ekstra kampus yang baik dan buruk. Dimana sikap baik yang ada pada diri mahasiswa tersebut membawa keuntungan atau mahasiswa tersebut dapat megapiliasi organisasi dengan baik, aktif dalam menyikapi isu yang berkembang, aktif terjun ke tengah- tengah masyarakat, dan mampu memformulasikan gagasan dalam ruang lingkup kampus, organisasi dan masyarakat. Adapun sikap buruknya dari beberapa mahasiswa yang berorganisasi dikarenakan adanya pengaruh dari ruang lingkup pertemanan baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi sikap perilaku mahasiswa yang berorganisasi ekstra kampus Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan yaitu adanya pengaruh positif dan pengaruh negatif. Dimana pengaruh positifnya memiliki kecerdasan akademis yang bagus, berintelektual dan berwawasan luas, dan menjadikan mahasiswa yang berorganisasi tersebut berprestasi dalam dunia perkuliahan. Faktor negatifnya yaitu mahasiswa yang berorganisasi tersebut menjadi malas untuk masuk kuliah, dan tidak menyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu karena terlalu fokus dengan organisasi yang diminatinya. Penelitian ini termasuk kedalam siyasah syar’iyah, yang mana kemaslahatan umat manusia sesuai dengan ketentuan syara’. Siyasah syar’iyah juga berhubungan dengan pengurusan dan pengaturan kehidupan manusia. Tujuan pengaturan yang dimaksud adalah untuk menciptakan kemaslahatan dan menolak kemudharatan. Mahasiswa organisasi ektra dilihat dari siyasah syar’iyah yaitu untuk menumbuhkan loyalitas dalam pertumbuhan dan perkembangan diri seorang mahasiswa yang berorganisasi ekstra yang akan membela keadilan dilingkungan kampus maupun di luar kampus untuk kemaslahatan umat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Organisasi Ekstra Kampus, Sikap Perilaku Mahasiswa, Pengaruh Organisasi, Fiqh Siyasah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:59
Last Modified: 01 Aug 2022 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item View Item