Implementasi KMA Nomor 3 Tahun 1999 Tentang Pembinaan Gerakan Keluarha Sakinah Oleh BP4 Pada Masa Covid-19 (Studi Kasus KUA Kabupaten Aceh Tamiang)

Safitri, Mutia (2021) Implementasi KMA Nomor 3 Tahun 1999 Tentang Pembinaan Gerakan Keluarha Sakinah Oleh BP4 Pada Masa Covid-19 (Studi Kasus KUA Kabupaten Aceh Tamiang). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS MUTIA SAFITRI (GABUNG).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penerapan peraturan KMA No. 3 Tahun 1999 tentang pembinaan keluarga sakinah yang dilakukan oleh BP4 pada masa pandemi covid-19 di KUA Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan studi kasus dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach).Sumber data penelitian ini berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Masalah utama yang dibahas dapat dirumuskan dalam poin-poin sebagai berikut: pertama, bagaimana upaya BP4 dalam menerapkan peraturan KMA No. 3 Tahun 1999;kedua, bagaimana implementasi peraturan KMA No.3 tahun 1999 oleh BP4 KUA di kabupaten Aceh Tamiang pada masa pandemi covid-19; dan ketiga, apa faktor- faktor penghambat implementasi Peraturan KMA No. 3 Tahun 1999 pada masa pandemi Covid-19 tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya BP4 dalam menerapkan peraturan KMA No. 3 Tahun 1999 adalah dengan melaksanakan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin dengan memberi materi kursus secara langsung (tatap muka) sekurang-kurangnya 24 jam pelajaran. Namun pada masa pandemi covid-19 pembinaan ini dilakukan secara daring.Metode daring ini dirasa kurang efektif dalam upaya mencapai tujuan pembinaan yang diharapkan. Adapun faktor-faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana penunjang dalam pemberian materi, waktu pelaksanaan yang kurang efesien, calon pengantin menganggap bahwa pelaksanaan bimbingan tidak penting, dan kurangnya dana operasional yang dalam pelaksanaan bimbingan daring tersebut. Ketidakefektifan pembinaan bimbingan pranikah pada masa covid ini tampaknya menimbulkan fenomena tingginya angka perceraian pada masa pandemi covid.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan pra nikah, keluarga sakinah, pandemi covid-19.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.302 Bimbingan perkawinan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:31
Last Modified: 01 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item