Strategi Optimalisasi Implementasi Digitalisasi Pengelolaan Zakat Sebagai Upaya Meningkatkan Transparansi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Di Sumatera Utara

Suginam, Suginam (2021) Strategi Optimalisasi Implementasi Digitalisasi Pengelolaan Zakat Sebagai Upaya Meningkatkan Transparansi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Di Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
6. DISERTASI JILID SUGINAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Potensi zakat di Indonesia cukup besar senilai Rp327,6 triliun, namun capaian hanya sebesar 3,72%. Sumatera Utara dengan jumlah masyarakat muslim sebesar 9,5 jiwa memiliki potensi zakat senilai Rp2 triliun, namun yang bisa diserap hanya 2%. Meskipun setiap tahun mengalami kenaikan, namun capain masih rendah. Rendahnya kinerja pengelolaan zakat diindikasi karena belum optimal menggunakan Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA). Tujuan penelitan ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah, solusi, dan merekomendasikan strategi prioritas optimalisasi implementasi digitalisasi pengelolaan zakat untuk meningkatkan transparansi pada BAZNAS di Sumatera Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menjelaskan deskripsi dan pandangan informan untuk mengungkap fakta permasalahan prioritas yang terjadi, memberikan gambaran detail setiap fenomena, dan mengidentifikasi solusi dan startegi prioritas tentang optimalisasi digitalisasi pengelolaan zakat. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dari informan terpilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Informan dipilih sebanyak tiga belas orang terdiri dari tiga orang pakar, lima orang praktisi yang expert dalam bidang zakat dan lima orang masyarakat sebagai user zakat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) dengan bantuan software Super Decision. Hasil analisis masalah prioritas pertama yaitu audit internal, kedua kepatuhan, ketiga teknologi informasi, keempat regulasi, dan kelima sumber daya manusia. Hasil analisis solusi prioritas pertama yaitu regulasi, kedua teknologi informasi, ketiga audit internal, keempat kepatuhan dan kelima sumber daya manusia. Hasil analisis strategi merekomendasikan strategi prioritas pertama yaitu pendampingan pelatihan SIMBA, kedua yaitu perkuat regulasi dalam digitalisasi pengelolaan zakat, ketiga adalah sinergitas dengan berbagai platform ekonomi digital, keempat adalah standarisasi sumber daya manusia dan kelima perkuat infrastruktur teknologi informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan pelatihan SIMBA merupakan strategi prioritas utama optimalisasi pengelolaan zakat berbasis digital untuk meningkatkan transparansi pengelolaan zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Zakat digital, Transparency, Good Zakat Governance, e-Zakat Governance, BAZNAS
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:38
Last Modified: 01 Aug 2022 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item