Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Al-Ittihad Aek Nabara Kab. Labuhan Batu

Nisa, Khairun (2021) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Al-Ittihad Aek Nabara Kab. Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI KHAIRUN NISA_1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel independen (bebas) dan variabel dependen (terikat).Variabel independen pada penelitian ini ialah kreativitas guru dan variabel dependen ialah minat belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Untuk mengetahui kreativitas guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Al-Ittihad Aek Nabara Kab. Labuhan Batu (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS AL-Ittihad Aek Nabara Kab. Labuhan Batu (3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Al-Ittihad Aek Nabara Kab. Labuhan Batu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dimana peneliti ingin mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling tipe simple random sampling (secara acak) dari peneliti. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapat ialah: (1) Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam belum sepenuhnya dapat dikatakan guru yang kreativ, hal ini ditandai dengan tidak adanya media pendukung pembelajaran yang dibawa oleh guru selain hanya buku paket pembelajaran serta jarangnya menerapkan metode pembelajaran diskusi. Sebagaimana hasil perhitungan tabulasi nilai mean kreativitas guru dalam mengajar yaitu sebesar 31,58 (sedang). Hal ini yang mungkin menjadi penyebab rasa bosan siswa mudah muncul sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Maka, dari beberapa kekurangan tersebut menjadi penyebab gagalnya guru dalam memenuhi indikator-indikator guru yang kreativ dalam mengajar. (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki nilai mean (rata-rata) sebesar 32,99 (sedang). (3) Terdapat pengaruh signifikan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi/hubungan kedua variabel sebesar 0,387 dan memiliki nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,150. Maka, dapat dipahami bahwa pengaruh variabel X (kreativitas guru) terhadap variabel Y (minat belajar siswa) adalah sebesar 15% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru; Minat Belajar Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:55
Last Modified: 01 Aug 2022 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item View Item