Elfat, Faqihuddin (2018) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA KOPERASI 212 MART KOTA MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
FAQIHUDDIN ELFAT.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini diteliti karena semakin banyaknya para pelaku usaha/bisnis yang tidak lagi mementingkan aturan-aturan Islam dalam berbisnis, dalam artian hanya mengejar keuntungan duniawi semata. Mengabaikan etika-etika bisnis yang seharusnya mereka terapkan. Namun demikian, ada satu Minimarket berbentuk Koperasi yang hadir dengan konsep bisnis Syariah dengan nuansa Islami, yaitu Koperasi 212 Mart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep etika bisnis Islam, Implementasi etika bisnis Islam, serta dampak penerapan etika bisnis Islam pada Koperasi 212 Mart. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan langsung, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi 212 Mart menggunakan konsep bisnis berbasis Syariah, bagi mereka bekerja adalah jihad. Hal ini dapat dilihat dari aspek seperti karyawan, kualitas produk dan kepemimpinannya. Dampak yang ditimbulkan pun sangat bagus, terbukti Koperasi 212 Mart semakin berkembang pesat diseluruh wilayah Indonesia dan juga sangat diminati oleh masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat yang beragama Islam.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Etika Bisnis Islam, Koperasi 212 Mart |
Subjects: | 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 08:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 08:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14481 |
Actions (login required)
View Item |