Skrining Masalah Psikososial Menggunakan Pediatrict Symptom Checklist-Youth Pada Remaja di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu Langkat Sumatera Utara

Wulandari, Dyah Retno (2021) Skrining Masalah Psikososial Menggunakan Pediatrict Symptom Checklist-Youth Pada Remaja di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu Langkat Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_FKM_DYAH RETNO WD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Psikososial merupakan pemasalahan yang relatif umum terjadi, sekitar 12% masalah psikososial mempengaruhi anak-anak maupun remaja yang seringkali luput dari perhatian para guru bahkan orang tua hal seperti ini bisa menjadi penyebab masalah yang kian serius di kemudian hari. American Academy of Pediatrics merekomendasikan skrining psikososial sebagai bagian dari pemeriksaan fisik tahunan untuk semua anak dan remaja. Tujuan: Mendeteksi dini masalah psikososial remaja di pondok pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu Langkat dan untuk mengetahui fator apa saja yang mungkin berhubungan dengan masalah psikososial remaja. Metode: Rancangan penelitian analitik dengan metode pontong lintang (Cross Sectional), dengan jumlah subjek sampel didapatkan 226 remaja dari 768 jumlah populasi, perhitungan sampel yang digunakan adalah katagorik tidak berpasangan serta pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling yang melakukan pengambilan data pada bulan Desember-2020 s/d Jauari 2021. Subjek penelitian adalah remaja yang akan diskrining dengan alat instrument PSC-Y (Pediatrict Symptomp Checklist-35/Youth) dan dilakukan juga pemeriksaan status gizi. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan analisis tes Chi square dan tes Fisher. Hasil: Skrining psikososial menggunakan PSC-Y menemukan 92 (41%) remaja mengalami masalah psikososial dari 226 remaja di pondok pesantren modern Muhammadiyah Kwala Madu Langkat yang diskrining. Analisis aspek faktor yang ditemukan adanya hubungan secara statistik dengan masalah psikososial remaja adalah staus keluarga (p= 0,033) dan ststus gizi (p= 0,042). Kesimpulan: Faktor yang mempengaruhi masalah psikososial remaja dalam penelitian ini adalah status keluarga dan status gizi, sementara usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial ekonomi dan masalah dermatogis tidak memilik hubungan bermakna secara statistik terhadap masalah psikososial remaja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Skrining, Psikososial Remaja, Pondok Pesantren, PSC-Y
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:11
Last Modified: 28 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item