Keterwakilan Perempuan Dalam Politik Pada Pemilu 2019 Kab. Labuhan Batu Selatan (Studi Kasus Anggota DPRD Dapil Kec.Kotapinang)

Dalimunthe, Nurajidah (2021) Keterwakilan Perempuan Dalam Politik Pada Pemilu 2019 Kab. Labuhan Batu Selatan (Studi Kasus Anggota DPRD Dapil Kec.Kotapinang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NURAJIDAH DALIMUNTHE (1)-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Politik dikenal oleh masyarakat pada era plato dengan buku yang judulnya “politeia” yang terkenal dengan istilah republic yang tersebar melalui tulisan aristoteles yang berjudul “politica”. Karya mereka dianggap sebagai inti pemikiran politik dalam sejarah perkembangannya, yang dijadikan sebagai konsep pengaturan masyarakat dalam sistem pemerintahan. Secara umum banyak yang menganggap bahwa jika seorang perempuan yang memimpin kendali pemerintahan maka tidak akan berjalan dengan lancar. Pandangan dari Deliar Noer bahwa politik adalah semua sikap yang berkaitan pada kekuasaan, yang bertujuan untuk mempengaruhi dan mempertahankan susunan masyarakat. Penelitian ini dikatagorikan penelitian lapangan (Field Research). Dengan metode kualitatif sebagai acuan dalam skripsi ini. Alasan memilih metode ini karena dapat memudahkan penulis mencari data penelitian supaya dapat sesuai dengan tujuan penelitian. Data didapat dari observasi, wawancara, dokumentasi kepada pihak terkait serta studi pustaka (Library Research). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuka wawasan masyarakat terhadap pentingnya peran perempuan dalam politik dalam kehidupan bernegara, Untuk mengetahui penyebab minimnya perempuan dalam ranah politik, dan mengetahui besarnya potensi perempuan untuk berkecipung diranah politik serta Bagaimana Peran Perempuan dalam Politik di Kec. Kotapinang. Adapun hasil penelitian penulis yaitu Upaya peningkatan partisipasi perpolitikkan di Labuhanbatu Selatan yang sering mengalami pasang surut dalam dunia perpolitikkan terutama dalam keterwailan perempuan di dunia politik. Terdapat beberapa Faktor Sehingga perempuan dalam keterwakilannya di Legislatif tidak bisa dilakukan secara parsial, karenanya harus dilakukan secara holictic integrative dengan melibatkan : partai Politik, penyelenggara pemilu, pemerintah termasuk pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota juga organisasi juga organisasi kemasyarakatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perempuan, politik, DPRD
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 323 Civil and political rights
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:46
Last Modified: 28 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item