Pengaruh Produk Pembiayaan Musyarakah terhadap Roe (Return On Equity ) Pada Bank Mega Syariah Indonesia Periode Tahun 2016-2018

Mutiah, Audifa (2021) Pengaruh Produk Pembiayaan Musyarakah terhadap Roe (Return On Equity ) Pada Bank Mega Syariah Indonesia Periode Tahun 2016-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
AUDIFA MUTIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk pembiayaan Musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap (Return On Equity) pada Bank Mega Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu pembiayaan musyarakah dengan satu variabel dependen yaitu return on equity (ROE). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dimana data tersebut adalah data yang berasal dari data laporan keuangan tahunan Bank Mega Syariah Indonesia tahun 2016-2018. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui laporan keuangan selama 36 data. Metode analisis datayang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji T serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa uji asumsi klasik data berdistribusi normal. Pada Uji-T menunjukkan bahwa variabel pembiayaan musyarakah (X) berpengaruh signifikan terhadap return on equity (ROE). Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t untuk variabel pembiayaan musyarakah ditunjukkan dengan nilai sebesar (0,001<0,05). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 27,7% return on equity dipengaruhi oleh variabel X (Produk Pembiayaan Musyarakah) dan sisanya sebesar 72.3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah, Return On Equity (ROE), Bank Mega Syariah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:23
Last Modified: 28 Jul 2022 03:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item