Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Medan-Kualanamu dengan Metode Time Invariant Fuzzy Time Series

Nasution, Pauziah (2020) Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Medan-Kualanamu dengan Metode Time Invariant Fuzzy Time Series. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Pauziah Nasution.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peramalan adalah penggunaan data masa lalu dari sebuah variabel atau kumpulan variabel untuk mengestimasi nilainya dimasa yang akan datang untuk melakukan peramalan diperlukan model peramalan. Peramalan untuk mengetahui kenaikan atau justru mengalami penurunan untuk keberangkatan Medan – Kualanamu untuk beberapa tahun kedepan. Logika fuzzy memiliki banyak nilai (multivalued value) yang dapat mendefenisiskan nilai yang ada di ntara variable konvensional misalnya iya atau tidak, benar atau salah, dan putih atau hitam. Maka niilai yang di hasilkan oleh logika fuzzy adalah bukan ya yang bernilai 1, dan tidak bernilai 0. Time series adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu, untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan. Dari kasus peramalan jumlah penumpang Kereta Api Medan-Kualanamu maka penulis akan menggunakan metode Time Invariant Fuzzy Time Series. Berdasarkan penelitian diperoleh peramalan jumlah penumpang Kereta Api Medan-Kualanamu/Kualanamu-Medan tahun 2021 adalah 182.874,9; dan 2022 adalah 266.527.510,6 dengan AFER adalah 2,5%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peramalan menggunakan metode Time Invariant Fuzzy Time Series Jumlah Penumpang Kereta Api Medan-Kualanamu.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:40
Last Modified: 27 Jul 2022 07:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14446

Actions (login required)

View Item View Item