Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Crude Palm Oil (CPO) (Studi Kasus PT. Umbulmas Wisesa Kab. Labuhan Batu Selatan)

Subhan, Iqbal (2020) Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Crude Palm Oil (CPO) (Studi Kasus PT. Umbulmas Wisesa Kab. Labuhan Batu Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi Iqbal Subhan siap cetak (0501163231)-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Umbulmas Wisesa merupakan cabang dari SIPEF Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit dan pengelolaan buah kelapa sawit menjadi minyak sawit (Crude Palm Oil). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kualitas minyak kelapa sawit (CPO) yang di produksi oleh PT. Umbulmas Wisesa Kab. Labuhan Batu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kerja PT. Umbulmas Wisesa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 88 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Secara umum responden setuju dengan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas CPO pada PT. Umbulmas Wisesa. Yaitu diantaranya : bahan baku dan akses transportasi. Dan faktor-faktor yang kurang disetujui oleh responden adalah : fasilitas operasi dan tenaga kerja. (2) Dari hasil uji t diketahui bahwa besarnya nilai t hitung bahan baku adalah 8,756, akses transportasi adalah 2,341, fasilitas operasi adalah -0,822 dan tenaga kerja adalah -0,441. Sedangkan t tabel dengan tingkat keyakinan 95% atau (a : 0,5) adalah 1,98896. Karena pada bahan baku dan akses transportasi t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Serta pada fasilitas operasi dan tenaga kerja t hitung < t tabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. (3) Hasil uji f menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai f hitung sebesar 36,405. Sedangkan angka Ftabel dihitung dengan ketentuan yaitu taraf signifikan 95% dan alpha 5% serta dengan melihat nilai Ftabel = (k; n – k), f = (4; 88 – 4), Ftabel = (4; 84) = 2,48. Dari ketentuan tersebut diperoleh angka Ftabel = 2,48. Dengan demikian diperoleh nilai Fhitung = 36,405 dan Ftabel = 2,48 Karena Fhitung > Ftabel yang berarti maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bahan baku, akses transportasi, fasilitas operasi dan tenaga kerja berpengaruh secara simultan terhadap kualitas CPO yang diproduksi pada PT. Umbulmas Wisesa. (4) Dari hasil perhitungan (R2 ) yang didapat adalah sebesar 0,637 yang berarti bahwa variabel Bahan baku (X1), Akses transportasi (X2), Fasilitas operasi (X3) dan Tenaga kerja (X4) mempengaruhi variabel Kualitas CPO (Y) sebesar 63,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan baku, Akses transportasi, Fasilitas operasi, Tenaga kerja
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:33
Last Modified: 27 Jul 2022 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item