Penerapan model belajar practice rehearsal pairs berbantuan kartu kata untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi hukum bacaan lam dan ra dalam surah an-Nasr, al- Buruuj dan al-fajr kelas viii/c di MTS Negeri Rantauprapat

Nurbani, Nurbani (2014) Penerapan model belajar practice rehearsal pairs berbantuan kartu kata untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi hukum bacaan lam dan ra dalam surah an-Nasr, al- Buruuj dan al-fajr kelas viii/c di MTS Negeri Rantauprapat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS BANI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang “Penerapan model belajar practice rehearsal pairs berbantuan kartu kata untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi hukum bacaan lam dan ra dalam surah an-Nasr, al-Buruuj dan al-Fajr kelas VIII/C di MTs Negeri Rantauprapat bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar al-Qur’an hadits peserta didik khususnya pada materi hukum bacaan lam dan ra yang terdapat dalam surah an-Nasr, al-Buruuj dan al-Fajr kelas VIII/C di MTs Negeri Rantauprapat, untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan tindakan, untuk mengetahui pelaksanaan model belajar practice rehearsal pairs berbantuan kartu kata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Adapun lokasi penelitian ini diadakan di MTs negeri Rantauprapat, subjek penelitiannya kelas VIII/C yang berjumlah 42 orang, terdiri dari 19 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berbasis kolaboratif. Rancangan penelitian ini terdiri dari: dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini untuk motivasi dilihat dari sikap, konsentrasi, keaktifan, kemampuan bertanya dan menjawab soal, dan untuk hasil belajar dilihat dari nilai ulangan harian dan praktek pelapalan surah an-Nasr, al-Buruuj dan al-Fajr dari masing-masing peserta didik. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) motivasi yaitu nilai 60 dan KKM hasil belajar yaitu nilai 78. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari tiga tahap yaitu: 1. Tahap pra tindakan memperoleh nilai tes motivasi hanya 30 % (13 orang) yang tuntas KKM dan hasil belajar hanya 23% (10 orang) ; 2. Setelah pelaksanaan siklus I (satu) terjadi peningkatan yang signifikan yaitu diperoleh nilai motivasi 71% (32 Orang ) yang tuntas KKM dan hasil belajar 65 % (27 orang); 3. Setelah Pelaksanaan siklus II juga terjadi peningkatan nilai tes motivasi memperoleh 97,6 % (41 orang) yang tuntas KKM dan hasil belajar memperoleh nilai 95,2 % (40 orang ).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:25
Last Modified: 31 Mar 2017 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item