Analisis Kinerja Keuangan Bank Aceh Setelah Konversi Periode 2016-2018 Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 8/Pojk.03/2014

Assofia, Hanifa (2019) Analisis Kinerja Keuangan Bank Aceh Setelah Konversi Periode 2016-2018 Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 8/Pojk.03/2014. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
tesis Hanifa Assofia Fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bank Aceh merupakan salah satu BPD di Indonesia yang melakukan konversi atau perubahan sistem operasional dari konvensional menjadi syariah pada 19 September 2016. Setelah melakukan konversi, Bank Aceh menunjukkan trend yang positif baik dari segi kinerja keuangan maupun dari segi eksistensinya. Bank Aceh banyak mendapatkan apresiasi nasional atas kinerja keuangannya tahun 2017. Akan tetapi, terjadi penurunan kinerja pada periode berikutnya sehingga perlu dianalisis apa saja yang menjadi penyebab penurunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Bank Aceh setelah konversi dari sisi rentabilitas dan sisi permodalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi berdasarkan data-data berupa laporan keuangan triwulanan periode 2016-2018 yang telah dipublikasikan. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, and Capital). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan Bank Aceh dari sisi rentabilitas mendapat peringkat 2, dengan definisi bahwa rentabilitas memadai, laba melebihi target dan mendukung pertumbuhan permodalan bank. Keputusan Bank Aceh untuk melakukan konversi menjadi syariah secara menyeluruh merupakan keputusan yang sangat tepat karena mampu menunjukkan kinerja yang baik, selain itu juga mendukung Pemerintah Aceh dalam menjalankan programnya untuk menegakkan syariat Islam. Kinerja keuangan Bank Aceh dari sisi permodalan juga mendapat peringkat 2, dengan definisi bahwa bank memiliki kualitas dan kecukupan permodalan yang memadai relatif terhadap profil risikonya, yang disertai dengan pengelolaan permodalan yang kuat sesuai dengan karakteristik, skala usaha, dan kompleksitas usaha bank.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Financial Performance, Bank Aceh, OJK Regulation
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:25
Last Modified: 26 Jul 2022 07:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item