Penerapan Permainan Finger Painting dalam Meningkatkan Motorik Halus AUD di TK An-Nizam Medan

Khadijah, Khadijah and Wildani, Wildani and Pratiwi, Risa Ummah and Dasopang, Masdeani and Handayani, Fitra (2022) Penerapan Permainan Finger Painting dalam Meningkatkan Motorik Halus AUD di TK An-Nizam Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2). ISSN O-ISSN : 2614-3097 P-ISSN : 2614-6754

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini sebagai kajian pustaka yang bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa penting penerapan yang dilakukan melalui permainan finger painting dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang sesuai dengan Standar Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang termuat di dalam Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini. Kemampuan motorik halus pada permainan ini akan melibatkan perkembangan otot-otot kecil khususnya pada bagian tangan anak. Maka dari itu penerapan permainan finger painting ini diharapkan dapat sesuai dalam pencapaian perkembangan motorik halus anak dan permainan ini tidak menyimpang dari hakikat anak yaitu belajar melalui bermain yang secara tidak langsung akan mengembangan motorik halus anak yang tertuang dalam STPPA terkait gerakan tangan yaitu mengkoordinasikan tangan dan mata untuk melakukan gerakan rumit, melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan berbagai media, dan mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Finger Painting, Motorik Halus, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:11
Last Modified: 26 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item View Item