Implementasi Permainan Sosiodrama Dalam Mengembangkan Prilaku Bersedekah Di RA. Darul Fazri

Khadijah, Khadijah and Halisah, Siti and Yani, Rahma and Daulay, Mastianur (2022) Implementasi Permainan Sosiodrama Dalam Mengembangkan Prilaku Bersedekah Di RA. Darul Fazri. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (3). ISSN E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku empati pada anak usia dini diharapkan dapat menjadi dasar terbentuknya budi pekerti luhur dan perilaku yang baik. Bermain sosiodrama dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak sekaligus sarana bagi guru untuk mengembangkan perilaku empati yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama dan apakah terdapat peningkatan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama serta menjelaskan peningkatan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama dan terdapat peningkatan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B1 dan B2 RA. Darul Fazri di Desa Laut Dendang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan Skala Perilaku Empati Anak Usia Dini, sedangkan analisis data menggunakan metode Independent Sample t-Test dan teknik persentase. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh t hitung> t tabel (6,170 > 2,036) dan p value < 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis diterima. Perhitungan persentase perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama mengalami kenaikan sebesar 6,27% antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan perilaku empati anak usia dini berdasarkan penerapan metode sosiodrama.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:40
Last Modified: 26 Jul 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item