Pola Kerja Sama Guru dan Orangtua Mengelola Bermain AUD Selama masa Pandemi Covid-19

Khadijah, Khadijah and Gusman, Media (2020) Pola Kerja Sama Guru dan Orangtua Mengelola Bermain AUD Selama masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia : Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2). ISSN 2338-008X (Print) 2716-084X (Online)

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bermain yang diterapkan oleh guru TK Rusyda selama masa darurat Covid-19, Pola kerjasama guru dan orang tua dalam mengelola bermain AUD di rumah, Kendala yang dihadapi selama proses belajar dan bermain di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga model permainan yang digunakan selama masa darurat Covid-19, yakni model satu arah (hanya mengirimkan tugas, tanpa komunikasi), model dua arah (komunikasi kepada satu orang tua dan anak), dan model multi-arah (komunikasi dengan banyak anak). Terdapat empat pola kerjasama yakni kerjasama sebagai guru Pendamping, Kerjasama sebagai fasilitator, Kerjasama menciptakan Friendly E-Leraning, kegiatan Jumat parenting. Kendala yang dihadapi di antaranya kesalahan mindset orang tua tentang kegiatan bermain yang di anggap bukan dari bagian belajar, kurangnya pemahaman tentang penggunaan teknologi, orang tua memiliki kesibukan dalam bekerja, kurangnya referensi pemilihan permainan.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Play, Study, Teacher, Parent
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:22
Last Modified: 26 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item