Determinan Perilaku Pembelian Air Susu Ibu Eksklusif DiJorong Lubuk Alai Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Putri, Retno (2021) Determinan Perilaku Pembelian Air Susu Ibu Eksklusif DiJorong Lubuk Alai Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RETNO PUTRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ASI Eksklusif berarti bahwa bayi hanya menerima ASI saja. Tidak ada cairan atau makan padat lain yang diberikan, tidak bahkan air, dngan pengecualian larutan rehidrasi oral, atau tetes/sirup vitamin, mineral atau obat-obatan. WHO merekomendasikan bayi harus diberi ASI secara Eksklusif untuk enam bulan pertama untuk mencapai pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan yang optimal (WHO, 2019). .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dngan pemberian ASI Eksklusif di Jorong Lubuk Alai Kab.Pasbar. Penelitian cross sectional dilakukan di Jorong Lubuk Alai Kab.Pasbar. dari bulan Januari-September 2021. Sampel penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 7 bulan - 5 tahun sebanyak 100 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Ibu sebagai responden diwawancarai secara langsung dngan menggundan kuesioner. Analisis dilakukan dngan uji statistik chi-square. Hasil penelitian ini didapatkan 55% tidak ASI Eksklusif. Faktor yang mempengaruhinya didapatkan berpengetahuan baik (80%), sikap positif (79%), berpendidikan tinggi (52%), tenaga kesehatan mendukung (95%). Terdapat hubungan dengan pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,001),tingkat pendidikan (p=0,000) dngan pemberian ASI Eksklusif. Sebaliknya, tidak terdapat hubungan dengan dukungan tenaga kesehatan (p=0,107) dngan pemberian ASI Eksklusif. Pemberian ASI Eksklusif berhubungan dngan pengetahuan, sikap, tingkat pendidikan. Disarankan Perlu adanya peningkatan pengetahuan, Sikap dan tingkat pendidikan kepada masyarakat mengenai pemberian ASI Eksklusif di Jorong Lubuk Alai Kec.Lembahmelintang Kab.Pasbar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ASI Eksklusif, pengetahuan,sikap,tingkat pendidikan, dukungan tenaga kesehatan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jul 2022 05:00
Last Modified: 22 Jul 2022 05:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

View Item View Item