Efektivitas Pelayanan E-KTP Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Tinjau Dari Fiqih Siyasah Studi Kasus Di Dinas Disdukcapil Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Aminah Hannum (2021) Efektivitas Pelayanan E-KTP Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Tinjau Dari Fiqih Siyasah Studi Kasus Di Dinas Disdukcapil Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Revisi Skripsi Aminah lubis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan publik sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Penyelenggaraan pemerintahan dikatakan baik jika pelayanan publik yang dilakukan berorientasi pada kepentingan masyarakat. Ada korelasi dan kohesi yang saling berkaitan antara penyelenggaraan pemerintahan dengan pelayanan yang di berikan. Setiap lembaga publik pastinya bersentuhan dengan aspek pelayanan publik atau berhubungan langsung dengan masyarakat, sebagai bagian yang utama dalam penyelenggaraan pemerintahan,selain pihak swasta. Pemerintah sebagai penyedia pelayanan mengatur proses dan tata cara pemberian pelayanan yang baik sesuai standar yang di tentukan, dalam hal ini adalah maklumat pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Ketentuan dan persyaratan penerima pelayanan yang dilakukan sesuai dengan harapan bersama. Selain teknis pelayanan, aspek non teknis juga memengaruhi proses pelayanan. Mengenai pelayanan administrasi e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota penulis telah melihat beberapa fakta atau realita yang terjadi di lapangan yaitu di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Mandailing Natal. Hasil itu di peroleh dari observasi langsung oleh penulis, wawancara dengan Kepala Seksi Pencatatan Penduduk dan e-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal, dan wawancara dengan beberapa masyarakat Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat di amati di lapangan. Dalam penelitian kualitatif perlu menekankan pada pentingnya kedekatan dengan orang-orang dan situasi penelitian, agar peneliti memperoleh pemahaman jelas tentang realita dan kondisi di lapangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:45
Last Modified: 22 Jul 2022 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14403

Actions (login required)

View Item View Item