Faktor yang berhubungan dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Perawat di Instalansi Rawat Inap RSU Haji Medan Sumatera Utara

Fatimah, Siti (2021) Faktor yang berhubungan dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Perawat di Instalansi Rawat Inap RSU Haji Medan Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SITI FATIMAH KESMAS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku kesehatan dan keselamatan kerja pada perawat di rumah sakit sangat penting, karena tindakan sekecil apapun yang dilakukan perawat dapat membahayakan perawat.penggunaan alat pelindung diri merupakan upaya untuk memberikan kesehatan dan keselamatan kerja bagi perawat di beberapa ruangan perawatan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku perawat dalam menggunakan alat pelindung diri (APD) di instalansi rawat inap RSU Haji Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Crosss Sectional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan diolah mengunakan aplikasi SPSS. Analisis data yang digunakan yaitu uji Chi Square. Jumlah populasi keseluruhan pada penelitian ini adalah 240 perawat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2019 - November 2020 terhadap 70 perawat sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap, ketersediaan APD dan kebijakan penggunaan APD pada perawat dengan nilai Pvalue < 0,05 dengan hasil analisis sikap (p=0,000), ketersediaan APD (p=0,026), dan kebijakan penggunaan APD (p=0,000) dengan penggunaan APD pada perawat di RSU Haji Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah dan manajemen rumah sakit harus memberikan perhatian khusus terhadap pentingnya penggunaan APD oleh perawat di rumah sakit dan memberikan kebijakan dalam penggunaan APD oleh perawat di RSU Haji Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Perawat, AlatPelindungDiri
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:17
Last Modified: 22 Jul 2022 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item