Pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan Bank Syariah (Studi Kasus Unit Usaha Syariah Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara)

Wibowo, Agung Bagus (2021) Pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan Bank Syariah (Studi Kasus Unit Usaha Syariah Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LUX.pdf

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah (Studi Kasus Unit Usaha Syariah Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara). Dengan tujuan untuk mengetahui Apakah Dewan Komisaris berpengaruh terhadap kinerja keuangan Bank Syariah (studi kasus unit usaha syariah Bank pembangunan daerah Sumatera Utara), untuk mengetahui apakah komite audit terhadap kinerja keuangan bank syariah (studi kasus unit usaha syariah bank pembangunan daerah Sumatera Utara), untuk mengetahui apakah kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank syariah (studi kasus unit usaha syariah Bank pembangunan daerah Sumatera Utara). Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Alat ukur kinerja perusahaan dalam penelitian ini adalah menggunakan profitabilitas ROA yang diambil dari laporan keuangan UUS BPD tahun 2014 – 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dewan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Dengan semakin besar proporsi dewan komisaris independen fungsi pengawasan perusahaan akan terlaksana dengan baik sehingga kinerja keuangan perusahaan juga meningkat.Komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Semakin tinggi proporsi anggota komite audit, maka pengawasan yang dilakukan akan semakin baik dan dapat meminimalisir upaya manajemen untuk memanipulasi data-data keuangan dan prosedur akuntansi, sehingga kinerja keuangan perusahaan pun semakin meningkat. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini berarti tinggi atau rendahnya proporsi kepemilikan manajerial dalam suatu perusahaan tidak menjamin adanya peningkatan kinerja keuangan perusahaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dewan Komisaris, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kinerja keuangan.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:12
Last Modified: 21 Jul 2022 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item