Pengaruh Diferensiasi Dan Positioning Produk Terhadap Motivasi Nasabah Melakukan Pembiayaan Ruko Dan Rukan Di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin

Butar-Butar, Nurhalimah (2021) Pengaruh Diferensiasi Dan Positioning Produk Terhadap Motivasi Nasabah Melakukan Pembiayaan Ruko Dan Rukan Di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NURHALIMAH BUTAR-BUTAR CETAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah motivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan ruko dan rukan di Bank SUMUT Syariah KCP HM. Yamin berdasarkan fenomena yang terjadi bahwa terdapat perbedaan dalam pembiayaan ruko dan rukan pada Bank SUMUT Syariah dibanding dengan bank syariah lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi dan positioning produk terhadap motivasi nasabah melakukan pembiayaan ruko dan rukan di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah pembiayaan ruko dan rukan di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Slovin Sample serta pengukuran skala likert. Data diproses melalui program spss versi 16.0 dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi dan positioning produk berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan ruko dan rukan di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin. Dari hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel diferensiasi dan positioning berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan ruko dan rukan di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin. Kemudian dari hasil uji F membuktikan bahwa diferensiasi dan positioning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan ruko dan rukan di Bank Sumut Syariah KCP HM. Yamin dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel yaitu (50,804>3,23) dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,000<0,05), maka hiptesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil Determinasi (R2 ) sebesar 0,723 yang berarti variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 72,3% sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diambil suatu kesimpulan bahwa diferensiasi dan positioning mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan ruko dan rukan di Bank SUMUT Syariah KCP HM. Yamin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi, Positioning, Motivasi Nasabah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:54
Last Modified: 20 Jul 2022 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item