Implementasi Pelatihan Seni Baca Al-Qur’an dalam Membina Kemampuan Tilawah Peserta Didik di Rumah Qur’an Baitul Qurro Al-Azhar Kota Padangsidimpuan

Hasibuan, Hilman Rizky (2021) Implementasi Pelatihan Seni Baca Al-Qur’an dalam Membina Kemampuan Tilawah Peserta Didik di Rumah Qur’an Baitul Qurro Al-Azhar Kota Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Hilman Rizky Hasibuan 0301172362.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan seni baca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Baitul Qurro Al-Azhar Kota Padangsidimpuan, untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam membina kemampuan tilawah peserta didik melalui pelatihan seni baca Al-Qur’an, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam pelatihan seni baca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Baitul Qurro Al-Azhar Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Subjek penelitiannya adalah para pendidik dan peserta didik di Rumah Qur’an Baitul Qurro Al-Azhar kota Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan di lembaga ini belum terlaksana dengan baik, seperti pendidik yang kurang berpengalaman dalam mengajar, peserta didik yang sering terlambat, waktu pelatihan yang kurang efektif, sarana parasarana yang kurang memadai, materi belajar yang tidak efisien, serta evaluasi pembelajaran yang tidak punya acuan standar baku. Tetapi pihak lembaga sudah melakukan upaya dan solusi baik itu secara internal dan eksternal untuk membina kemampuan tilawah peserta didik di lembaga ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Seni Baca Al-Qur’an, Membina Kemampuan, Tilawah Peserta didik
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:30
Last Modified: 20 Jul 2022 04:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item