Pola Pendidikan Islam Multikultural Di MTsPN 4 Medan

Damanik, Khairun Nisa (2021) Pola Pendidikan Islam Multikultural Di MTsPN 4 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI KHAIRUN NISA DAMANIK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pendidikan Islam multikultural di MTsPN 4 Medan (2) respon peserta didik terhadap pola pendidikan Islam multikultural di MTsPN 4 Medan (3) faktor pedukung dan penghambat pola pendidikan Islam multikultural di MTsPN 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomelogi. Pendekatan fenomelogi adalah pendekatan penelitian yang digunakan untuk memahami subjek dalam dunia pengalamannya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas (kepercayaan), transferabilitas (keteralihan), dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola pendidikan Islam multikultural di MTsPN 4 Medan ialah menggunakan pola perencanaan dan pola materi. Selain kedua pola tersebut dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsPN 4 Medan juga melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. (2) Respon ipeserta ididik iterhadap ipendidikan iIslam imultikultural idi iMTsPN i4 iMedan iyakni termasuk kedalam jenis respon yang pertama yaitu perilaku positif. iPerilaku ipositif iyang idiperlihatkan ioleh ipeserta ididik idi iMTsPN i4 iMedan iberupa isikap idemokratis, itoleransi, isaling imenghargai, idan imemberikan ipenilaian ipositif iterhadap ibudaya, iagama, idan ietnis ilain. Sehingga itidak iterjadi iperselisihan iataupun ikonflik ianata ipeserta ididik iyang iberbeda isuku, isosial idan ibahasa iserta iterhindar idari ikasus ibuliying. (3) Faktor pedukung pola pendidikan Islam multikultural di MTsPN 4 Medan yaitu: peran guru, program dan kegiatan sekolah, peserta didik, iklim sekolah, dan kurikulum sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya pemahaman sebagian guru pendidikan Islam mengenai multikultural, kurangnya kesadaran sebagain peserta didik untuk memahami multikultural.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Pendidikan, Pendidikan Islam, Multikultural
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:03
Last Modified: 20 Jul 2022 03:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item