Strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya gemar membaca AlQuran di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan

Siregar, Muhammad Yusuf (2021) Strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya gemar membaca AlQuran di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS LENGKAP MUHAMMAD YUSUF SIREGAR MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya gemar membaca di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini yang menjadi sumber data adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, usaha kepala madrasah dalam mengembangkan budaya membaca Alquran adalah memberikan contoh keteladanan, sikap dan komunikasi yang baik, melakukan rapat kerja, bermusyawarah dan menerapkan peraturan madrasah untuk ditaati, menciptakan suasana madrasah nyaman dan melakukan rapat evaluasi untuk melakukan perubahan dan perbaikan secara berkelanjutan tentang program kerja madrasah, serta melakukan pembinaan terprogram di madrasah. Kedua, faktor pendukung dalam mengembangkan budaya membaca Alquran adalah seluruh stakeholder madrasah turut serta, bekerja sama dan menyiapkan orang yang kompeten dalam bidang pembinaan membaca Alquran serta faktor penghambat dalam mengembangkan budaya membaca Alquran adalah siswa yang tidak lancar membaca Alquran dan sedikitnya waktu untuk mengajar Alquran karena harus belajar secara daring. Ketiga, motivasi kepala madrasah dalam pembinaan budaya gemar membaca Alquran adalah kepala madrasah ingin mencapai tujuan bahwa siswa Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan mampu membaca Alquran dengan baik dan benar dan memotivasi seluruh tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik melalui ucapan, pujian dan penghargaan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Madrasah, Gemar Membaca Alquran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:18
Last Modified: 18 Jul 2022 09:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item