Hubungan Sanitasi Lingkungan, Perilaku 3M, dan House Index dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Bah Kapul Kota Pematang Siantar

Lubis, Fadhlan Amir (2021) Hubungan Sanitasi Lingkungan, Perilaku 3M, dan House Index dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Bah Kapul Kota Pematang Siantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DBD_FADHLAN AMIR LUBIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hingga saat ini, kasus DBD masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, di Provinsi Sumatera Utara angka kejadian DBD masih tinggi, dan di kota Pematangsiantar kasus kejadian DBD masih menjadi masalah kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkugnan, perilaku 3M, dan House Index dengan kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Bah Kapul Kota Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan case control. Penelitian ini dilakukan diwilayah Kerja Puskesmas Bah Kapul Kota Pematang Siantar selama bulan januari 2021 sampai dengan bulan Agustus 2021. populasi penelitian ini penderita DBD dengan jumlah sampel sebanyak 40 kasus dan jumlah sampel kontrol sebanyak 80. Total keseluruhan sampel sebanyak 120. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan Bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil uji statistik Chi-Square didapat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tempat penampungan air dengan kejadian DBD dengan nilai P value < 0,002 dan nilai OR 9,750. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tempat penampungan air dengan kejadian DBD, dan tidak terdapat hubungan antara tempat pengelolaan sampah, perilaku 3M, dan house index dengan kejadian DBD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DBD, Sanitasi Lingkugnan, Perilaku 3M, House Index
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:45
Last Modified: 18 Jul 2022 08:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item View Item