Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Keluhan Penyakit Kulit di Desa Rambung Merah Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun

Adwiyah, Rabiatul (2021) Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Keluhan Penyakit Kulit di Desa Rambung Merah Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RABIATUL ADWIYAH (0801171042) 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hingga saat ini keluhan penyakit kulit masih menjadi masalah kesehatan di indonesia, di kabupaten simalungun kasus keluhan penyakit kulit masih menjadi masalah kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan keluhan penyakit kulit di Desa Rambung Merah Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan diwilayah Desa Rambung Merah Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, populasi penelitian ini masyarakat Desa Rambung Merah dan jumlah sampel sebanyak 84. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik Chi-Square Test. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan kebersihan tangan dan kuku dengan nilai p value 0,024, kebersihan pakaian dengan nilai p value 0,00, kebersihan tempat tidur dan sprei dengan nilai p value 0,012, sarana pembuangan air limbah dengan nilai p value 0,023, dan sarana pembuangan sampah dengan nilai p value 0,00. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kebersihan tangan dan kuku, kebersihan pakaian, kebersihan tempat tidur dan sprei, sarana pembuangan air limbah, dan sarana pembuangan sampah dengan keluhan penyakit kulit, dan tidak adanya hubungan antara kebersihan kulit, kebersihan handur, sarana air bersih, dan sarana pembuangan kotoran dengan keluhan penyakit kulit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keluhan penyakit kulit, personal hygiene, dan sanitasi lingkungan.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:39
Last Modified: 18 Jul 2022 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14353

Actions (login required)

View Item View Item