Hukum Jual Beli Darah Sapi Hasil Sembelihan Kepada Non Muslim Untuk Dikonsumsi Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Desa Teluk Lapian Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun)

Hiba, Wayan Asriadi (2021) Hukum Jual Beli Darah Sapi Hasil Sembelihan Kepada Non Muslim Untuk Dikonsumsi Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Desa Teluk Lapian Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI WAYAN ASRIADI HIBBAN 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam hal ekonomi dan bisnis tidak akan terlepas dari hukum yang mengaturnya. Banyak terdapat persoalan-persoalan yang sangat urgent untuk dibahas dan mencari hukum atas permasalahan ekonomi dan bisnis. Salah satunya mengenai jual beli, yang perlu dibahas dalam permasalahan ekonomi Islam, seperti hukum jual beli darah sapi kepada non Muslim yang terjadi di desa teluk lapian kecamatan ujung padang kabupaten simalungun. Dalam skripsi ini membahas mengenai bagaimana pendapat Wahbah Az-Zuhaili mengenai jual beli darah sapi kepada non Muslim beserta dalil dan hadits yang digunakan Wahbah Az-Zuhaili, dan bagaimana pandangan masyarakat Desa Teluk Lapian Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun mengenai transaksi jual beli darah sapi. Skripsi ini menggunakan tipe penelitian hukum yuridis empiris dengan metode penelitian lapangan (field riseach). Dalam masalah jual beli, Wahbah Az-Zuhaili melarang jual beli objek yang najis. Wahbah Az-Zuhaili tidak hanya melarang memperjualbelikan tetapi juga memanfaatkan dan mengkonsumsinya. Sedangkan masyarakat Desa Teluk Lapian Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun banyak yang belum memahami tentang pendapat Wahbah Az-Zuhaili yang melarang transaksi jual beli suatu benda najis. Adapun pendapat yang dikemukakan oleh Wahbah Az-Zuhaili tentang larangan jual beli darah berdasarkan ayat Al-Qur’an dan hadits sebagaimana yang telah penulis paparkan pada skripsi ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Jual Beli, Darah Sapi, Non Muslim.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:53
Last Modified: 15 Jul 2022 06:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14343

Actions (login required)

View Item View Item