Pengaruh Pengetahuan dan Sosialisasi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Yang Diselenggarkan Oleh BPJS Kesehatan (Studi Kasus Di Desa Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara)

Siregar, Putri Maharani (2021) Pengaruh Pengetahuan dan Sosialisasi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Yang Diselenggarkan Oleh BPJS Kesehatan (Studi Kasus Di Desa Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI MAHARANI SIREGAR (ASURANSI SYARIAH_A) REAL-3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan (X1) dan Sosialisasi (X2) dengan satu variabel dependen minat masyarakat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. populasi yang di ambil adalah masyarakat Desa Sipiongot yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS yang berjumlah 189 orang sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan pengukuran skala likert yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang di perlukan dalam penelitian. Dalam penelitian ini di kumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 65 orang masyarakat Desa Sipiongot yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebagai penelitian sampel. Data di proses melalui SPSS V 24 dengan teknis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variabel pengetahuan dengan thitung > ttabel yaitu (2,915>1,99) dengan tingkat signifikan 0,005<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat. Dan variabel sosialisasi dengan thitung > ttabel yaitu 4,032>1,99 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sosialisasi, Minat
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.23 Perjanjian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2022 05:04
Last Modified: 11 Jul 2022 05:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item