Pengaruh Penggunaan Aplikasi Otentikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi (Studi Kasus PT Taspen Persero Cabang Utama Medan)

Rozali, Muhammad (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Otentikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi (Studi Kasus PT Taspen Persero Cabang Utama Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Rozali_Asuransi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dari berbagai aspek, termasuk ekonomi merupakan hal yang erat kaitannya dengan kehidupan pada zaman sekarang ini, istilah yang kita kenal dengan Revolusi Industri 4.0 menuntut kita harus dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar. Terkait dengan hal tersebut perusahaan dalam menjalankan pelayanan jasa kepada nasabah harus mengikuti trend zaman dan perkembangan pasar, hal ini PT Taspen Persero sebagai penyelenggara jaminan dana pensiun mempunyai inovasi pelayanan yaitu Otentikasi yang merupakan absensi otomatis dalam pencairan dana pensiun setiap bulannya. Dalam hal penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi digitalisasi pembayaran dana pensiun tersebut, dengan indikator yang telah ditetapkan oleh peneliti, yaitu kualitas pelayanan, kepercayaan, dan efektivitas. Kemudian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji regresi linier berganda yang data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan pengolahan data melalui SPPS statistik version 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (uji F) variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, dan efektivitas terhadap kepuasan nasabah dengan nilai nilai Ftabel yang diperoleh dari k = 4, n = 100, df (n1) = k – 1 = 4 – 1 = 3, df (n2) = n – k = 100 – 4 = 96 serta taraf signifikansi sebesar 0,05 sehingga diperoleh nilai Ftabel = 2,47. Nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (20,315 > 2,47) dari nilai sigma (0,000 < 0,05). Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima yang berarti secara bersama-sama kualitas pelayanan, kepercayaan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi Pembayaran, Otentikasi, inovasi, dan dana pensiun
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 347 Civil procedure and courts
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:53
Last Modified: 08 Jul 2022 08:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item