Sistem Informasi Geografis Pemetaaan Lokasi Pariwisata di Kota Padang Sidempuan Menggunakan Algoritma Floyd Warshall Berbasis Android

Siregar, Nazrah Namira (2021) Sistem Informasi Geografis Pemetaaan Lokasi Pariwisata di Kota Padang Sidempuan Menggunakan Algoritma Floyd Warshall Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Nazrah Namira Siregar (0702163074)-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sistem Informasi Geografis adalah suatu sistem yang dibuat berdasarkan pemetaan geografis bumi. Sistem ini dapat memberikan informasi mengenai letak wilayah atau lokasi tempat-tempat yang ada di permukaan bumi, memberikan keterangan tentang suatu lokasi dan informasi mengenai lintasan terpendek dari suatu lokasi ke lokasi yang lainnya. Kota Padang Sidempuan saat ini memiliki banyak tempat- tempat wisata yang memiliki keindahan yang tidak kalah jauh dari kota kota lainnya, seperti Tor Simarsayang, Air terjun Silima-Lima, Aek Sabaon dan lainnya. Namun saat ini belum ada aplikasi yang dapat mempermudah para wisatawan untuk mendapatkan informasi untuk menuju tempat wisata yang dimaksud. Algoritma Floyd-Warshall merupakan suatu metode yang melakukan pemecahan masalah dengan memandang solusi yang akan diperoleh sebagai suatu keputusan yang saling terkait dan akan memilih satu jalur terpendek dari beberapa alternatif jalur yang telah dihasilkan dari proses kalkulasi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian waterfall, bahasa pemrograman android dan database MySQL dengan data sebanyak 10 titik pariwisata. Hasil akhir diuji dengan menggunakan metode pengujian black box didapatkan rata rata akurasi 90% hasil jarak terpendek dari masing masing titik dan sistem dapat menampilakan fitur fitur, seperti fitur data wisata, fasilitas wisata, estimasi biaya, gambar wisata dan waktu buka dari tempat wisata tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis , Wisata, Android, Algoritma Floyd- Warshall, Graph
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:08
Last Modified: 07 Jul 2022 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item