Klasifikasi Karakteristik Faktor Risiko Pneumonia pada Balita dengan Menggunakan Classification and Regression Trees (CART) Studi Kasus RSUD dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai

Matondang, Elvira Yolanda (2021) Klasifikasi Karakteristik Faktor Risiko Pneumonia pada Balita dengan Menggunakan Classification and Regression Trees (CART) Studi Kasus RSUD dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pneumonia merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak di dunia. Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization (WHO)) memperkirakan bahwa pneumonia menjadi pemicu 16% kematian pada anak yang berusia dibawah 5 tahun di seluruh dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classification and Regression Trees (CART). Penelitian ini berguna untuk mengetahui hasil ketepatan klasifikasi dari Classification and Regression Trees (CART) untuk faktor risiko pneumonia pada balita. Hasil dari klasifikasi CART pada penelitian ini menunjukkan bahwa “Riwayat Keluarga Perokok” adalah variabel yang paling berpengaruh. Ketepatan klasifikasi untuk data prediksi sebesar 50% dengan presentase sensitivity dan specificity masing- masing sebesar 94,12% dan 14,29%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pneumonia, CART
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:47
Last Modified: 05 Jul 2022 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item