Penguatan Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi Ketergantungan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan PercutSei Tuan, Kabupaten Deli Serdang

Syahfitri, Ananda Ayu (2019) Penguatan Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi Ketergantungan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan PercutSei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
2_merged.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bejudul Penguatan Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi Ketergantungan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana penguatan komunikasi keluarga yang dilakukan oleh orangtua khususnya dalam mengatasi ketergantungan smartphone pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Penguatan Komunikasi Kelurga Dalam Mengatasi Ketergantungan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Komunikasi Keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data adalah wawancara dan observasi. Pemilihan informan dilakukan sesuai dengan criteria yaitu orangtua yang mempunyai anak yang masih berusia dini yakni berumur 3 sampai 6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan komunikasi keluarga dalam mengatasi ketergantungan smartphone pada anak usia dini adalah dengan cara membujuk, merayu, dan bahkan memberikan ancaman- ancaman kecil atau menakut-nakuti sang anak agar tidak lagi bermain smartphone. Namun dari semua komunikasi yang dilakukan untuk mengatasianak yang ketergantungan smartphone, member ancaman kepada anak atau menakut-nakuti adalah cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Anak-anak cenderung lebih merasa takut apabila orangtua memberikan ancaman kecil kepada mereka.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Keluarga, Anak Usia Dini, Smartphone
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:52
Last Modified: 05 Jul 2022 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item