Tinjauan hukum positif dan fiqih siyasah tentang pemekaran Kecamatan Meranti menjadi Kecamatan Rawang Panca Arga di Kabupaten Meranti

Astuti, Ulfah Lidia (2021) Tinjauan hukum positif dan fiqih siyasah tentang pemekaran Kecamatan Meranti menjadi Kecamatan Rawang Panca Arga di Kabupaten Meranti. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ULFAH LIDIA ASTUTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yakni penelitian yang menjelaskan fakta yang terjadi di lapangan secara sistematis yang bertujuan menjawab pertanyaan mengenai bagaimana Tinjauan Hukum Positif dan Fiqih Siyasah Tentang Pemekaran Kecamatan Meranti Menjadi Kecamatan Rawang Panca Arga di Kabupaten Asahan. Adapun pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait yaitu bidang pemerintahan di Kantor Camat dan masyarakat Kecamatan Rawang Panca Arga. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan hasil penelitian mengenai fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya dianalisis berdasarkan pandangan siyasah dusturiah terhadap pengaplikasiannya di lapangan. Adapun hasil yang diperoleh dilapangan yaitu Kecamatan Rawang Panca Arga memang telah memenuhi kelayakan untuk dimekarkan yang sesuai dengan Undang-Undang No. 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, dan peran dalam pelayanan terhadap masyarakat terutama bidang kependudukan baik dengan sedikit catatan perlunya terus melakukan inovasi terhadap pelayanan agar lebih baik, transparan, akurat, dan efisien di zaman yang semakin digital ini. Adapun jika dikaitkan dengan siyasah dusturiah maka pemekaran terhadap suatu daerah termasuk Kecamatan Rawang Panca Arga sudah sesuai dan efektif yakni mengenai pemimpin disatu pihak selaku pemerintah daerah dalam pengurusan pelayanan dan rakyat dipihak lain selaku tujuan dari pemekaran yaitu kemaslahatan masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:44
Last Modified: 05 Jul 2022 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item