Implementasi Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Atfal Rahmah El- Yunusiyah IV Kecamatan Medan Area T.A 2020/2021

Wati, Erna (2021) Implementasi Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Atfal Rahmah El- Yunusiyah IV Kecamatan Medan Area T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
ERNA WATI SOLIN FILE ASLI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat pokok tentang implementasi metode bermain peran dalam pengembangan emosional anak 5-6 tahun di Raudhatul Atfal El- Yunusiyah IV kecamatan Medan Area. Penelitian ini bertujun; 1) untuk mengetahui penerapan metode bermain peran. 2) untuk mengetahui pengembangan emosional anak.3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung metode bermain peran dalam pengembangan emosional anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Atfal Rahmah El-Yunusiyah IV. Karena pembelajaran melalui bermain peran merupakan suatu proses pembelajaran dengan melibatkan anak didik untuk memerankan tokoh-tokoh sesuai dengan tema yang ada. Selain itu anak akan mendapat pengalaman yang baru, sehingga dapat menunjang perkembangan keterampilan emosional anak. metode bermain peran mempunyai keunggulan dari metode-metode yang lain, dikarenakan pada metode ini anak akan melakukan interaksi pada teman-temannya yang lain. Metode bermain peran ini akan membuat anak tidak mudah lupa dengan pembelajaran yang dilakukan, karena anak akan melakukan permainan secara langsung dan tentunyan anak akan di tuntut aktif dalam memainkan perannya. Adapun pemolehan data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriftif. Yaitu data-data yang berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Untuk mendapatkan data tersebut penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode bermain peran, guru dapat mengembangkan emosional yang ada pada diri anak, ketika anak memulai memperagakan perannya sebagai penjual dan pembeli untuk melakukan permainan bermain peran, maka pada saat itu lah pengalaman serta pengetahuan anak akan bertambah begitu juga dengan emosional-emosional yang ada pada diri anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Pengembangan Emosional
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:31
Last Modified: 05 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14267

Actions (login required)

View Item View Item