Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan Oto Berkah Pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk Kantor Cabang Pematangsiantar

Fachroza, Arief (2021) Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan Oto Berkah Pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk Kantor Cabang Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
File Skripsi Arief Fachroza (0503172160).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran pada produk pembiayaan oto berkah yang paling tepat sehingga mampu memenangkan persaingan. Menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari produk pembiayaan oto berkah. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini selain akan dianalisis secara kualitatif deskriptif penulis juga menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Dari hasil analisis didapat strategi agressif, strategi ini menunjukkan bahwasanya kondisi perusahaan dalam keadaan kuat dan mampu untuk terus berkembang dengan menangkap peluang yang ada untuk meraih profit yang maksimal. Staregi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran I (satu), artinya unsur S-O (kekuatan- peluang) menjadi unsur dengan penjumlahan terbesar dimana total S-O sebesar 17,0 sedangkan total penjumlahan S-T (kuadran II) sebesar 11,4, total penjumlahan W- O (kuadran III) sebesar 11,0, dan total penjumlahan W-T (kuadran IV) sebesar 5,4. Posisi pada kuadran I (S-O) ini sangat menguntungkan dan dapat dipasarkan secara maksimal dengan menerapkan kebijakan bauran pemasaran seperti kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan tempat dan kebijakan promosi yang mendukung strategi yang agresif dari produk pembiayaan oto berkah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Pembiayaan Oto Berkah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:28
Last Modified: 04 Jul 2022 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item