Peran Badan Kemakmuran Masjid Nurul Muslimin Dalam Pembinaan Pendidikan Bagi Jemaah Masjid Nurul Muslimin Jalan Tuasan Kota Madya Medan

Rusdiansyah, Rusdiansyah (2020) Peran Badan Kemakmuran Masjid Nurul Muslimin Dalam Pembinaan Pendidikan Bagi Jemaah Masjid Nurul Muslimin Jalan Tuasan Kota Madya Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Rusdi Lengkap.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu ; Pertama, Bagaimana Peran Badan Kemakmuran Masjid dalam Pembinaan Pendidikan bagi jema’ah di masjid Nurul Masjid. Kedua, Kegiatan Badan Kemakmuran Masjid dalam membina pendidikan bagi jema’ah di masjid Nurul Muslimin. Ketiga, Apa saja hambatan Badan Kemakmuran Masjid dalam Pembinaan Pendidikan bagi Jema’ah Masjid Nurul Muslimin. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Badan Kemakmuran Masjid dalam Pembinaan Pendidikan bagi jema’ah Masjid Nurul Muslimin, kegiatan Badan Kemakmuran Masjid dalam Pembinaan Pendidikan bagi jema’ah masjid Nurul Muslimin dan Apa saja yang menjadi hambatan yang di hadapi Badan Kemak muran Masjid dalam Pembinaan Pendidikan bagi jema’ah di masjid Nurul Muslimin. Jema’ah bisa dikatakan umum yang dimana terdiri dari orang tua, remaja dan anak-anak yang dimana jemaahlah yang menjadi subjek disini yang menentukan kemajuan masjid tersebut. Badan Kemakmuran Masjid berperan sebagai sebuah organisasi di masyarakat, yang membantu dalam membina masyarakat dalam menanggulangi perilaku negatif termasuk orang tua, remaja dan Anak-anak. Kegiatan yang dilakukan oleh Badan Kemakmuran Masjid merupakan suatu usaha untuk membantu serta membimbing orang tua, remaja dan anak-anak untuk pembinaan Pendidikan dan mengembangkan diri jema’ah ke arah perubahan yang lebih baik, aktivitas keagamaan yang dilakukan menggunakan pendekatan agama (pengajian tiap malam sabtu, tabungan kurban, pendidikan TPA dan pengajian anak-anak serta peringatan hari- hari besar Islam). Metode yang digunakan dalam Penelitian ini deskriptif kualitatif yaitu “Suatu metode pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang yang meliputi pencatatan, penafsiran, penguraian dan penganalisaan terhadap data yang ada”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan data-data lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Wawancara dilaksanakan dengan pengurus BKM dan orang tua, remaja dan anak-anak untuk menjadi orang yang berakhlak mulia serta mampu menjalani hidup sesuai dengan tuntunan agama islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Bagi Jemaah, Pembinaan Pendidikan Bagi Jemaah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:43
Last Modified: 04 Jul 2022 03:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item