Strategi Menghafal Alquran 30 Juz Selama Setahun di Pesantren Tahfizhul Qur’an Abdur Rahman Bin ‘Auf Medan Johor

Nst, Muthohharotun Nur (2021) Strategi Menghafal Alquran 30 Juz Selama Setahun di Pesantren Tahfizhul Qur’an Abdur Rahman Bin ‘Auf Medan Johor. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Fix Muthohharotun Nur Nst (0301162117).pdf

Download (3MB)

Abstract

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menghafal Alquran 30 Juz selama setahun di Pesantren Tahfidzul Quran Abdur Rahman bin „Auf Medan Johor. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendektatan metode fenomenologis. Penelitian ini juga dilakukan penulis melalui studi kasus yaitu untuk melihat secara alamiah fenomena dan memahami bagaimana penerapan strategi guru dan siswa untuk mampu dalam hal menghafal Alquran 30 Juz selama setahun di Pesantren Tahfidzul Qur‟an Abdurrahman Bin „Auf Medan Johor. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat adalah sebagai berikut: (1) Strategi yang diterapkan di Pesantren Tahfizhul Qur‟an Abdur Rahman Bin „Auf di kelompokkan menjadi 8 (delapan) strategi, diantaranya: a. Strategi pengulangan ganda. b. Strategi dengan tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal.c. Strategi dengan menggunkan satu jenis Mushaf. (2) Penerapan yang dilakukan guru dan siswa dalam menjalankan strategi tersebut adalah saling melakukan peran masing-masing dengan baik. Seorang guru melakukan 5 M, yaitu mendidik, membimbing, mengawasi, memotivasi dan mengarahkan siswa terbut. Sedang siswa juga melakukan 4 M, yaitu mendengarkan, menerima, mematuhi dan menjalankan apa yang sudah menjadi ketetapan di Pesantren tersebut.”

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strtegi Menghafal Alquran; Pesantren Tahfidzul Quran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:38
Last Modified: 04 Jul 2022 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14240

Actions (login required)

View Item View Item