Pengaruh Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Kab Mandailing Natal

Hasanah, Fitri (2021) Pengaruh Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Kab Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi fitri hasanah matondang 0503161010 (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini Di Latar Belakangi oleh banyaknya masyarakat Muslim Mandailing Natal yang belum menggunakan Produk Perbankan Syariah dan rendahnya Tingkat Literasi Keuangan Syariah yang ada di kab Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah baik secara parsial maupun simultan terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Kab Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan Asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang menggunakan Produk Perbankan Syariah di MADINA. Sampel penelitian ini berjumlah 100 masyarakat muslim dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan kuisioner kepada responden. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan dengan analisis statistic. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2 . Untuk mengolah data, penulis menggunakan program statistic SPSS versi 22. Dari hasil pengolahan data ketiga variabel memiliki keterikatan data yang tinggi dimana rhitung > rtabel 0,198 dan uji reliabilitas memenuhi syarat Cronbach Alpha > 0,6. Hasilpersamaan regresi linear berganda Y= 28,513 + 0,347 X1 + 0,084 X2 + e menunjukkan hubungan yang positif artinya jika Kualitas Layanan ditingkatkan dan pehamanan Literasi Keuangan Syariah semakin meningkat maka Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Dalam Memilih Produk Perbankan Syariah akan meningkat. Secara parsial kedua variabel bebas yaitu Kualitas Layanan Dan Literasi Keuangan Syariah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan produk Perbankan Syariah, dengan masing-masing nilai thitung >ttabel (4,985 >1667) untuk varibael Kualitas Layanan dan thitung>ttabel( 3,580>1667) untuk variabel Tingkat Literasi Keuangan Syariah. Secara bersama-sama kedua variabel bebas yaitu Kualitas Layanan dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah mampu mempengaruhi variabel terikat yaitu Pengambilan Keputusan dengan nilai fhitung>ftabel (8,859>2,70) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas Kualitas layanan dan Literasi Keuangan Syariah secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap varibael terikat Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Kab Mandailing Natal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, Literasi Keuangan Syariah, Produk Perbankan Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:09
Last Modified: 30 Jun 2022 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item