Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan

Daulay, Lily Sardiani (2021) Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LILY SARDIANI DAULAY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Kecerdasan emosional anak, peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak dan faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak selama masa pandemi Covid-19 di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan Deskriptif kualitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini 5 orang tua dan 5 orang anak yang bertempat tinggal di Gang Pisang Dusun IV Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Metode dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional anak di Desa Tembung dikatakan sudah mulai berkembang, anak sudah dapat membiasakan diri untuk mengucapkan kata maaf jika melakukan kesalahan, mengucapkan terima kasih saat diberikan sesuatu oleh orang lain, dan saling berbagi makanan dengan teman sebayanya. 2) Peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tembung dilaksanakan dengan cukup baik, yaitu orang tua akan menasehati anaknya jika sedang marah, membiasakan anak untuk saling memaafkan, saling berbagi, dan mengucapkan terimakasih jika diberikan sesuatu atau bantuan oleh orang lain. 3) Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak selama masa pandemi Covid-19 yaitu adanya dorongan dari teman dan lingkungan yang membuat anak terbiasa mengucapkan terima kasih dan saling berbagi sedangkan faktor penghambat orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak selama masa pandemi Covid-19 adalah kondisi ekonomi yang semakin lemah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kecerdasan Emosional Anak, Pandemi Covid-19.
Subjects: 300 Social sciences > 310 General statistics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:29
Last Modified: 30 Jun 2022 02:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item