Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Ibnu Halim Medan

Naufal, Rahman (2021) Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Ibnu Halim Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA (GARIS BILANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIS IBNU HALIM MEDAN (RAHMAN NAUFAL 0306162146).pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang bersifat abstrak membuat kesulitan tersendiri yang harus dihadapi peserta didik dalam mempelajari Matematika. Untuk meningkatkan peroses pembelajaran terkhusus pembelajaran Matematika yang berkualitas, hendaklah guru mempunyai kreativitas dan inovasi dalam peroses mengajar. Salah satunya dengan menggunakan media alat peraga. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media alat peraga (garis bilangan) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MIS Ibnu Halim Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekerimen (Eksperimen Semu) dengan desain menggunakan total sampling. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV di MIS Ibnu Halim Medan yang berjumlah 68 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen (variabel X1), dan 32 siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol (Variabel X2). Temuan penelitian menunjukkan; 1). Hasil belajar Matematika pada kelas IV-B (Variabel X2) sebelum diberi perlakuan memperoleh nilai pre-test X2 sebesar 37,19. 2). Hasil belajar Matematika pada kelas IV-A (variabel X1) sebelum diberi perlakuan memperoleh nilai pre-test X1 sebesar 39,86. 3). Hasil belajar Matematika pada kelas IV-B (Variabel X2) setelah diberikan perlakuan pembelajaran metode konvensional (Y), memperoleh nilai post-test X2Y sebesar 71,67. Sedangkan hasil belajar Matematika pada kelas IV-A (Variabel X1) setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media alat peraga (garis bilangan) (Y), memperolehnilai post-test X2Y sebesar 83,44. Serta terdapat pengaruh yang signifikan dari enggunaan media alat peraga (garis bilangan) terhadap hasil belajar matematika. Dengan dibuktikan menggunakan uji Analyze-Compare Means-Independent of Means T-test yang syarat diterimanya Ha dengan nilai signifikansi harus lebih kecil dari 0,05 yaitu Ha 0,00 > 0,05 yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga memiliki berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MIS Ibnu Halim Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:44
Last Modified: 30 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item